Sabtu, 03 Desember 2011

Organisasi Militer Bentukan Jepang

Pada saat Jepang menjajah Indonesia, Jepang telah memeras sumber daya alam maupun sumber daya manusia bangsa Indonesia. Selain hasil sumber daya alam dan tenaga rakyat Indonesia diperas (kerja paksa/romusha), para pemuda Indonesia diwajibkan mengikuti organisasi latihan militer untuk membantu Jepang menghadapi Sekutu.

Berikut ini adalah organisasi – organisasi yang dibentuk oleh Jepang :
a.       Organisasi semi militer bentukan Jepang
1.       Seinendan, dibentuk pada tanggal 9 Maret 1943 dan bertujuan mendidik dan melatih para pemudauntuk dapat mempertahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri.
2.       Keibodan (organisasi barisan bantu polisi), dibentuk pada tanggal 29 April 1943 dan bertujuan mengisi jiwa pemuda dengan semangat nasionalisme.
3.       Fujinkai  (himpunan wanita bentukan Jepang yang diberi latihan – latihan militer), dibentuk pada bulan Agustus 1943.
4.       Gakutotai (organisasi barisan pelajar), beranggotakan pelajar sekolah lanjutan.
5.       Jawa Hokokai(organisasi kebaktian rakyat Jawa), dibentuk pada tanggal 1 Maret 1944 dan bertujuan mengumpulkan pajak dan hasil bumi dan menyerahakannya ke Jepang.
6.       Sushintai  (organisasi barisan pelopor), dibentuk pada tanggal 25 September 1944 dan bertujuan meningkatkan kesigapan rakyat.

b.      Organisasi militer bentukan Jepang
1.       Heiho (organisasi pembantu prajurit Jepang), dibentuk pada bulan April 1943 dan bertujuan membantu prajurit Jepang. Para anggota Heiho langsung ditempatkan di dalam organisasi militer Jepang, baik Angkatan Darat maupun Angkatan Laut, yang turut bertempur ke luar negri seperti di Kepulauan Solomon dan Negara Mynmar (Birma).
2.       Pembela Tanah Air/PETA (organisasi militer atau tentara sukarela), dibentuk pada tanggal 3 Oktober 1943 dan bertujuan mempertahankan bangsa Indonesia dari ancaman bangsa Barat. Anggota PETA yang berprestasi dapat diangkat menjadi daidanco (komando batalyon), cudanco (komando kompi), shodanco (komando peleton), dan budanco (komandan regu).

5 komentar: