Kamis, 29 Desember 2011

Menyontek itu Kebiasaan??

Menyontek, mungkin sudah tak bisa dipisahkan dari kehidupan para siswa jaman sekarang. tidak ada ulangan tanpa menyontek sedikitpun. mungkin cuma sedikit siswa saja yang tidak melakukan hal buruk yang sudah mendarah daging di antara kaum pelajar ini. sebenarnya saya sendiri juga resah dengan kebiasaan siswa ini. karena tidak hanya siswa yang kurang pandai saja yang menyontek saat ulangan, bahakan seorang siswa yang sudah langganan jadi juara kelaspun masih menyontek pada temannya yang notabene kemampuannya di bawahnya. patut dipertanyakan kan tentang nilai 'bagus'nya ??!!
para siswa menganggap bahwa hal ini adalah biasa. yang penting di benak mereka, mereka bisa mendapat nilai bagus. memang, dengan cara ini siswa bisa mendapat nilai "bagus" dengan mudah dan tanpa belajar sekali pun,  tetapi inilah yang justru menjerumuskan mereka ke dalam lubang kebodohan. mereka akan menganggap remeh pelajaran, sekolah, bahkan gurunya sendiri. mereka akan menjadi malas belajar dan menggantungkan diri pada orang lain. bahkan mereka bangga terhadap nilai ulangannya yang jelas - jelas bukan hasil mereka sendiri. mereka tidak menghiraukan bagaimana nasib mereka ketika sudah lulus sekolah. apa mereka bisa selamanya menggantungkan diri pada orang lain? inilah calon - calon koruptor Indonesia masa depan. jangankan memegang uang negara, mengerjakan ulangan harian pun mereka tidak jujur. mau dibawa kemana negara kita?
sebenarnya masalah contek - mencontek itu tergantung kebiasaan orang masing - masing. jika seseorang sudah terbiasa bersikap jujur, maka santailah dia saat mengerjakan ulangan meskipun yang mengawasi ulangan guru killer sekalipun. akan tetapi, jika orang yang tidak terbiasa bersikap seperti itu, mereka akan kebingungan untuk mencari cara agar bisa mencontek. sikap seperti ini harus dihilangkan kalau tidak ingin melihat Indonesia makin terpuruk di masa mendatang. memang sulit tapi bukan berarti tidak bisa. hal kecil bisa dilakukan. contohya bagi siswa yang memang memiliki kemampuan di atas rata - rata, berikanlah contoh pada teman - temanmu bahwa tanpa menyontek pun kita bisa mengerjakan sesuatu bila bersungguh - sungguh, caranya dengan tidak menyontek ketika ulangan dan berikanlah dorongan - dorongan kecil untuk temanmu belajar. ilmu semakin diberikan akan smeakin banyak, ya kan ?
saya berharap suatu hari nanti akan benar - benar terwujud kejujuran di bidang pendidikan di negri ini. kalau sudah begitu, saya yakin Indonesia akan menjadi salah satu negara maju di dunia. teruslah berjuang!


2 komentar:

  1. maafin gwe..menyontek itu meniru nota ketika dlm peperiksaan? ape begitu maksdumu?

    BalasHapus
  2. oh iyer kamu punyai fb atau ym?

    bisa saja kita berkawan kan?

    BalasHapus