Rabu, 07 Desember 2011

Belajar Lebih Tegas itu Penting!


Tindakan tegas bakal membantumu mendapatkan apa yang kamu inginkan dan membuat kamu bisa mengekspresikan diri secara langsung dan jujur. Bersikap tegas akan membantumu mendapatkan apa yang kamu inginkan tanpa menyakiti orang lain atau menarik perhatian. Ketegasan itu bagus banget untuk penghargaan dirimu. Kamu betul – betul menunjukkan dirimu secara positif.
Orang –orang yang kurang tegas akan membiarkan orang lain mengatur hidup mereka. Mengapa? Mungkin karena rasa malu, rendah diri, atau takut gagal. Kamu seharusnya melakukan sesuatu supaya tujuan yang kamu inginkan bisa tercapai. Kamu harus mulai percaya pada dirimu dan kemampuanmu sendiri.
Tolong dimengerti bahwa ketegasan adalah suatu dunia yang terpisah jauh dari agresivitas. Orang-orang yang tegas nggak Cuma mengomunikasikan kebutuhan mereka, tapi mereka juga peduli dan menghormati kebutuhan orang lain. Ini beda banget dengan bersikap agresif.
Berikut ini beberapa kiat untuk membantumu menjadi lebih tegas.

1.       Mulailah menjadi lebih tegas kepada orang yang kamu sayangi
Puji teman –temanmu. Katakan kepada teman yang telah berjasa kepada kamu bahwa kamu menghargai pertolongannya padamu. Jangan biarkan perbuatan mulia berlalu begitu saja. Kalau ada orang yang berbuat baik kepadamu, bicaralah. Ucapkan, “Terima Kasih,” atau “Saya senang sekali,” atau “Kamu baik sekali.” Memberi tahu orang lain bahwa kamu peduli adalah suatu langkah maju yang penting, satu langkah menuju ketegasan.

2.       Pelajarilah cara memulai percakapan
kumpulkan keberanian untuk memulai percakapan bila kamu memasuki suatu ruangan. Memulai percakapan merupakan suatu sikap tegas dan menunjukkan kepercayaan diri yang besar. Bahkan kalau kamu lagi gugup, kamu masih bisa memulai percakapan.

3.       Buat pernyataan “Aku”
Kamu mesti berani memikul tanggung jawab atas perasaan dan perilakumu sendiri. Kalau kamu punya pendapat yang menurutmu cukup berbobot, beranikanlah dirimu dan katakanlah, “Menurutku..” lalu nyatakan pendapatmu. Tentu ada orang yang akan membantahmu, biarkan saja, itu hak mereka.
Namun, kita juga tidak boleh terus menerus mengatakan “Menurutku..”. itu  egois namanya. Pilihlah saat yang tepat kapan harus bersikap tegas. Jangan pernah memaksakan pendapat kepada seseorang atau memonopoli percakapan dengan idemu melulu. Ingat : kamu sedang belajar bersikap tegas, bukan agresif.

Di bawah ini ada beberapa situasi sehari –hari saat kamu bisa melatih ketegasan pribadimu. Ingatlah bahwa dalam situasi –situasi itu kamu harus bersikap tegas, bukan agresif, dan nyatakan pendapatmu dengan tenang dan bijaksana :
·         Mintalah temanmu untuk mengembangkan barang yang sudah lama dipinjamnya dari kamu
·         Katakan, “saya tidak tertarik,” kepada salesman pada awal percakapan. Jangan menunggu dia nyerocos mempromosikan dagangannya.
·         Jadilah orang pertama yang menyatakan pendapat ketika gurumu menginginkan masukan dari para murid.
·         Kalau makanan yang kamu pesan tidak sesuai dengan pesanan, katakana dengan sopan kepada pelayan untuk membawanya kembali.
·         Jangan membiarkan seorang pelayan took mendiktekan barang yang harus kamu beli. Tentukan pilihanmu sendiri.

2 komentar: