Minggu, 04 Desember 2011

Jenuh? Ini solusinya!

Anda pernah merasa jenuh? Tentu saja pernah. Setiap orang pasti pernah mengalami kejenuhan dalam hidupnya. Entah itu terhadap sekolah, pekerjaan, keluarga, teman, ataupun pada pasangan. Terkadang ada orang yang tidak terlalu bisa mengatasi kejenuhan mereka sehingga mereka akan terus terpuruk dalam kejenuhan mereka.  Biasanya kejenuhan itu sendiri disebabkan oleh hal – hal berikut :
1.       Menurunnya kondisi ruhiyah.
2.       Hasil pekerjaan tak sesuai dengan target.
3.       Kehidupan yang rutin dan monoton.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk kita mengatasi kejenuhan kita. Berikut sedikit tips untuk anda dalam mengatasi kejenuhan anda :
1.       Selalu menjaga grafik keimanan dengan istiqomah menjalankan ibadah dan amalan – amalan rutin.
2.       Bersikap tawakkal setelah berusaha, sehingga tidak down jika hasil yang dicapai tidak sesuai dengan target.
3.       Mengubah pola piker. Pikiran – pikiran yang sempit, cepat bosan harus bisa diatasi dengan sifat khusnuzhon dan doa, bahwa Allah SWT menciptakan segala sesuatu pasti ada hikmahnya.
4.       Menjadikan tugas bukan sebagai beban, melainkan amanah mulia yang dipercayakan.
5.       Temukan dan kembangkan kelebihan diri ke dalam suatu kegiatan, sehingga kita tidak terjebak dalam rutinitas dan selalu bertemu sesuatu yang baru setiap hari.
6.       Melakukan penyegaran, perbaharui kegiatan harian anda secara lebih variatif.
7.       Membuka diri sepenuhnya terhadap apa yang terjadi dan menikmati semuanya.
8.       Untuk pribadi yang cenderung tertutup, cobalah menumpahkan segala uneg – uneg ke dalam buku diary. Sedangkan untuk pribadi yang terbuka, curhat dapat dicoba untuk meringankan kejenuhan.
9.       Pikirkan efek samping dari kejenuhan yang anda rasakan. Anda tidak harus memanjakan kejenuhan anda, cobalah untuk lebih bijaksana mengenai efek yang ditimbulkan, perbaiki rasa jenuh dengan memberikan dorongan bagi diri sendiri bahwa “rasa jenuh itu adalah hal yang biasa dan Anda yakin dapat melaluinya”
10.   Refreshing atau rekreasi ke suatu tempat.

Nah, itu tadi adalah sedikit tips untuk anda. Semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar