Jumat, 02 Desember 2011

Kronologis Perang Dunia II di Asia Pasifik

Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik dimulai tanggal 7 Desember 1941 waktu setempat ditandai dengan jepang menyerbu pangkalan Angkatan Laut milik Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai yang dianggap sebagai saingan yang kuat. Agresi militer yang dilakukan Jepang inilah sebagai tanda meletusnya Perang Dunia II. Secara berturut – turut jalannya perang dapat diidentifikasikan dengan urutan sebagai berikut.

Kronologis Perang Dunia II yang terjadi di Asia Pasifik
·         7 Desember 1941   : Jepang menyerbu pangkalan Angkatan LAut milik Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai.
·         Tahun 1941-1944    : jepang berhasil menguasai wilayah yang sangat luas meliputi seluruh wilayah Asia Tenggara dan wilayah Cina Timur. Ketika itu, Amerika Serikat dan bangsa Eropa yang berhasil menyelamatkan diri membangun pertahanan di Australia.
·         Juli 1944                     : pasukan Amerika Serikat dipimpin Jenderal Mac Arthur dengan siasat perang “loncat katak” menyerang pertahanan Jepang di Pulau Saipan (Kep. Mariana) Pasifik dan bertempur di Laut Karang. Pada saat itu, Jepang menderita kekalahan dan Pulau Saipan berhasil diduduki Amerika Serikat.
·         6 Agustus 1945        : Kota Hiroshima dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat dan menyusul tanggal 9 Agustus 1945 giliran Kota Nagasaki. Kedua kota tersebut hancur total dan instalasi militer lumpuh.
·         14 Agustus 1945      : jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu.
·         2 September 1945 : Jepang menandatangani perjanjian perdamaian di atas kapal Missouri milik Amerika Serikat dan Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik berakhir.

4 komentar:

  1. singkat dan mudah di pahami.....

    BalasHapus
  2. Terima Kasih, Permisi izin salin buat tugas.
    Sangat membantu.

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak:)) sangat membantu sekali pr saya hehe:v

    BalasHapus